VIRAL AWAN TSUNAMI DI MEULABOH ACEH MENYERUPAI SMONG

 

Awan menyerupai smong alias gelombang tsunami muncul di langit Meulaboh Aceh Barat, Senin (10/8/2020)


Hypebuzzer.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan, fenomena awan Arcus Cloud atau yang biasa disebut 'awan tsunami' tidak ada kaitannya dengan bencana tsunami akibat gempa.


Hal ini disampaikan Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra. Menurut Agie, kedua fenomena itu sangat berbeda.


BACA JUGA : 8 MISI BERBAHAYA DALAM PERANG DUNIA II, TAU GAK SIH APA SAJA?


"Bahwa awan tersebut tidak ada kaitan langsung atau khusus dengan fenomena tsunami yang merupakan akibat dari gempa," kata Agie, Selasa (11/8/2020).


Agie menjelaskan, tsunami adalah fenomena kebumian sedangkan awan arcus adalah fenomena atmosfer atau cuaca. Karena itu, dia berharap warga tidak panik dan mengaitkan peristiwa tersebut dengan tsunami.


Meski demikian, Agie meminta masyarakat untuk waspada jika menemukan fenomena Arcus Cloud atau yang biasa disebut 'awan tsunami'. Sebab awan ini dapat menimbulkan hujan deras dan angin kencang.


"Awan arcus sangat terkait erat dengan keberadaan awan cumulonimbus. Biasanya yang perlu diwaspadai adalah kondisi cuaca pada saat awan tersebut ada. Yaitu berupa hujan dan angin yang bisa muncul," ucap Agie.


PENYEBAB FENOMENA AWAN TSUNAMI DI MEULABOH ACEH

Rektor UGM Dwikorita Karnawati menggelar konferensi pers mengenai penelitian Tim Mitigasi Bencana Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur


Warga Meulaboh, Aceh dihebohkan dengan munculnya fenomena awan mirip ombak raksasa bak tsunami pada Senin 10 Agustus 2020. Video dan foto-foto mengenai fenomena alam itu viral di media sosial.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan mengenai fenomena alam ini. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, peristiwa ini terjadi karena proses penguapan air yang cukup tinggi, mengingat wilayah Meulaboh juga dekat dengan pesisir pantai.


"Ini merupakan awan hitam jenis Strato Cumulus dengan ketinggian rendah berbentuk memanjang," kata Dwikorita.


Dwikorita menambahkan, peristiwa terbentuknya awan Strato Cumulus ini terjadi mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB, Senin (10/8/2020) dengan diikuti curah hujan tercatat 12 milimeter.


"Kecepatan angin mencapai 13 knots dan visibility 4 kilometer," ucap Dwikorita.





Aceh Meulaboh

VIRAL AWAN TSUNAMI DI MEULABOH ACEH MENYERUPAI SMONG VIRAL AWAN TSUNAMI DI MEULABOH ACEH MENYERUPAI SMONG Reviewed by Mister Buzzer on August 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.